Pingin PINTAR?? Makanya BELAJAR!!

Jumat, 06 November 2009

Leadership 2

THE NATURE OF MANAGEMENT


Highlights

Di dalam aktivitas organisasi sosial atau bisnis apa pun, manajemen adalah tindakan untuk mengerahkan orang untuk secara bersama sama meraih sasaran atau tujuan yang diinginkan
– "the art of getting things done through people“ –



MANAGERIAL POSITION AND RESPONSIBILITIES


1. Supervising

Meningkatkan kinerja bawahan dengan menganalisa unsur kekuatan dan kelemahannya: memberikan pelatihan, mengembangkan keterampilan, menjadwalkan pekerjaan, dan merancang sasaran prestasi kerja.

2. Planning and Organizing
Menerjemahkan rencana jangka panjang ke dalam sasaran sasaran jangka pendek dan merekomendasi-kan serta mengembangkan kebijakan prosedur dan pengoperasian.


3. Decision-making
Membuat keputusan bisnis pada situasi apa pun berdasarkan perhitungan yang matang; ber-tanggung jawab atas pengendalian terhadap besar kecilnya penyimpangan-penyimpangan prosedur.

4. Monitoring Indicator
Memantau pengaruh internal dan eksternal yang akan berdampak pada perusahaan. Misalnya indikator kinerja, keuangan dan aset perusahaan, kondisi pasar, serta iklim budaya, sosial dan politik.


5. Controlling

Menyusun jadwal dan estimasi biaya untuk memproduksi produk dan layanan, menjajaki produktivitas, meyakinkan kualitas produk dan/atau efektifitas jasa, dan meng-analisa efektivitas pengoperasiannya.

6. Representing

Memberi jawaban terhadap keluhan keluhan pihak luar; misalnya dengan melakukan komunikasi; mempromosikan hubungan perusahaan; melakukan negosiasi; menyelenggarakan aktivitas promosi untuk menetapkan atau memelihara citra perusahaan, dsb.

7. Coordinating
Berkomunikasi dengan pihak pihak lain di dalam perusahaan tentang siapa siapa yang tidak memiliki kendali langsung terhadap suatu kinerja, dalam rangka berbagi informasi, mencapai prestasi yang telah dijadwalkan sebelumnya, menyelesaikan permasalahan dan mencapai obyektivitas; memelihara hubungan kerja yang selaras dengan sesama; menengahi konflik dan ketidak sepakatan yang terjadi antara para pihak pemeran kunci.


8. Administering


Mengerjakan aktivitas peng-administrasian dasar seperti menempatkan informasi yang tepat atas prosedur dan kinerja perusahaan, menganalisa informasi rutin, atau mememelihara catatan-catatan dan dokumen dokumen secara rinci dan akurat.


MINTZBERG’S MANAGERIAL ROLES

1. Interpersonal Role
Leader/Pemimpin
Liaison: Penghubung
Figurehead: Pemimpin simbolik
2. Information Processing Role
Monitor: Pemantau
Disseminator: Nara Sumber, Penterjemah dan penyampai informasi
Spokesperson: Penyampai Pesan Komunikasi
3. Decision-Making Role
Entrepreneur: Berjiwa Usahawan
Disturbance Handler: Penanganan Krisis
Resource Allocator: Pengalokasi sumberdaya
Negotiator: Juru Runding/Perunding

Role Conflict :
Manajer seringkali pula tertimpa masalah politik kantor berupa konflik kepentingan antar pihak; pihak yang menjadi atasannya dan bawahannya. Dalam hal ini manajer biasanya lebih responsif terhadap kepentingan atasannya.


A THEORY OF DEMANDS, CONSTRAINS AND CHOICES


Core Components
Definisi kerja seseorang yang duduk sebagai manajer sangat ditentukan oleh demands, constrains dan choices.
1. Demands
Standarisasi, obyektivitas, dan tengat waktu yang harus dipenuhi manajer.
2. Constrains
Karakteristik dari organisasi dan lingkungan luar yang membatasi tindakan manajer seperti: birokrasi, kebijakan, regulasi/aturan, dan legalisasi
3. Choices
Memiliki peluang untuk memilih dan menentukan hal hal yang dapat dan tidak dapat dikerjakan, serta bagaimana mengerjakannya.

SITUATIONAL DETERMINANTS

1. Pattern of Relationship
Tuntutan permintaan dari atasan dan bawahan serta pihak pihak eksternal; klien, pelanggan, subkontraktor, dll diluar organisasi dapat mempengaruhi penggunaan waktu seorang menejer.
2. Work Pattern
Ihtiar sendiri atau hanya merespon kepada kepentingan pihak lain.
Pengulangan kerja atau keragaman dan keunikan
Kuantitas ketidakpastian dalam pekerjaan
Perhatian yang berkelanjutan dalam waktu yang lama
Kuantitas tekanan tengat waktu
3. Exposure
Aspek lain dari pekerjaan menejerial yang menentukan Perilaku dan keterampilan yang dibutuhkan adalah kuantitas dalam membuat keputusan dengan potensi resiko, dan kuantitas waktu yang tersedia sebelum kesalahan dapat ditemukan.

RESEARCH ON SITUATIONAL DETERMINANTS

Steward’s research memiliki perspektif yang luas dalam memberikan masukan bahwa aktivitas dan perilaku manajer terbentuk oleh beberapa aspek dari situasi yang dihadapi. Antara lain: Tingkat Manajemen, Ukuran sub-unit, cabang/ranting ketergantungan, kondisi krisis, dan tahap siklus organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar